COMING SOON

Hai Archiess, kali ini Himaartra online akan mengulas tentang 10 bangunan futuristik yan direncanakan akan terealisasi tahun 2013. Mau tau kaya gimana kerennya? Cekidot..

1. Cobra Towers

1.01.4.1

3502179880840_hmwYOsvR_l

Kuwait Cobra Menara Burj atau Cobra adalah sebuah konsep yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan CGI (CDI Gulf International). Menara ini seharusnya memutar untuk memberikan efek spiral keren. Ada pertanyaan seperti “Bagaimana lift yang bekerja?” begitu dan sebagainya. Ahli mengatakan mereka akan menggunakan tabung udara bertekanan sebagai gantinya. Itulah yang desain baru yang harus dilakukan, berbaur dengan kreativitas utilitas. Bentuknya yang menyerupai dua kobra merangkul melambangkan persatuan yang ada di negara ini.

 

2. Amtek Office Building

  amtek-office-building-_02_JwG9I_17621amtek-office-building_IFLK1_58

Memperkenalkan tradisional sains Indian yang bernama “Vaastu Shastra” ke arsitektur modern. Hal ini ditunjukkan dengan entrance yang menghadap ke timur. Bangunan ini berisi toko-toko retail dan lantai teratas adalah tempat makan. Cladding bangunan ini terbuat dari kaca, sehingga aktivitas di dalam bangunan dapat terlihat. Shading aluminium yang ada bukan hanya sebagai penyangga cladding eksterior, tetapi juga sebagai pemberi bentuk unik pada desain bangunan.

 

3. The Leaning Tower of Abu Dhabi

CapitalGate1capitalgatetower4

Bangunan ini mengantongi julukan “Bangunan Miring Tertinggi ” yang diberikan oleh buku rekor dunia. Dimiliki dan dikembangkan oleh ADNEC (Abu Dhabi National Exhibitions Company), menara 35 lantai ini telah dibangun untuk dengan kemiringan 18 derajat ke arah barat. Ketika selesai pada akhir tahun ini, lantai 2-16 akan digunakan untuk hunian 20.000 meter persegi dan ruang kantor eksklusif, lantai 18 ke atas akan berisi “Hyatt Capital Gate” (hotel bintang lima), serta lantai 1 dan 17 akan terdiri dari ruang pabrik. Lantai 19 akan ada sebuah kolam renang outdoor dan dari sana tampak sebuah atrium internal yang meruncing. Juga, lebih dari 80 meter di atas tanah akan ada kantilever menjorok ke luar menara.

 

4. It Parks

a

Bentukan bangunan ini menyerupai rantai DNA yang merupakan salah satu penyebab perbedaan karakter antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Bangunan ini adalah tempat orang dari berbagai komunitas yang berbeda menjadi satu untuk membagikan ilmu yang mereka tahu, sehingga menjadi landasan sebuah perusahaan. Keuntungan lainnya, bangunan ini bisa juga berfungsi sebagai “Landmark”.

 

5. Shanghai Tower

                         1 2 3

Bangunan ini memiliki tinggi 632 m dengan total 121 lantai. Shanghai Tower yang tinggi ini terletak di pusat Lujiazui Keuangan dan Trade Zone, dan berdekatan dengan Menara Jin Mao dan Shanghai World Financial Center. Bangunan ini terdiri dari sembilan bangunan silinder, ditumpuk dan tertutup dalam kulit ganda luar, desain ultra-modern, dengan berbasis di San Francisco Gensler. Bangunan ini difungsikan sebagai ruang rumah kantor, sebuah hotel mewah, sembilan kebun, komponen ritel, fasilitas budaya, dan hiburan. Desain fasad kaca dimaksudkan untuk mengurangi beban angin pada bangunan sebesar 24%, yang berarti bahan bangunan lebih sedikit diperlukan, termasuk baja bisa dihemat hingga 25%. Sebagian besar energi menara akan diberikan oleh sistem tenaga konvensional, yang dihasilkan oleh turbin angin sumbu vertikal di bagian atas menara. Selain itu, pemanasan bangunan dan sistem pendinginan akan menggunakan teknologi panas bumi untuk menyediakan energi. Bangunan ini juga lengkap dengan pohon sebanyak sepuluh meter yang dapat membantu secara alami mengatur pendinginan gedung antara kulit gandanya.

 

6. Greenland Zhengzhou Towers

ZZ_6_0 ZZ_5_0

 

 

Bangunan ini dirancang oleh Brininstool, Kerwin dan Lynch. Menurut deskripsi arsitek, bentuk unik berakar pada pengaruh budaya, di mana massa dapat diidentifikasi dengan formasi gunung ditemukan di luar Zhengzhou. Ekspresi seimbang antara simbolisme sejarah dan inovasi kontemporer.  Bangunan ini difungsikan untuk kantor dan hotel butik bintang lima. Selain fasilitas khas hotel yang diberikan oleh hotel mewah (ballroom, kolam renang lap, spa, pusat kebugaran, dll), di timur kompleks ini terdapat taman meditasi. Menara ini dibangun dari beton bertulang dan baja dengan sistem dinding tirai kaca. Bangunan itu mengandalkan pencahayaan pasif. Selain untuk mengatasi berbagai jenis hunian yang diusulkan, ini juga mengkapitalisasi pada pemandangan Zhengzhou.

 

7. Chaoyangmen SOHO III

645

Bangunan ini dirancang oleh Zaha Hadid di situs besar premium langka di kota Beijing, barat dari East 2nd Ring Road di daerah Chaoyangmen. Bangunan ini dikelilingi oleh fasilitas perkotaan yang berbeda termasuk ruang luar, kantor dan ruang hunian. Luas total pembangunan proyek ini adalah 334.000 meter persegi, yang 166.000 dan 86.000 meter persegi ditujukan untuk kantor dan penggunaan ritel masing-masing. Ini adalah proyek komersial terbesar di East 2nd Ring Road untuk saat ini. Proyek ini dirancang berdasarkan halaman tradisional Cina. Proyek ini dipahami sebagai serangkaian volume terus menerus yang mengalir menyatu dengan menggunakan jembatan yang membentang untuk menciptakan dunia yang saling adaptasi terus menerus. Artinya, 360 derajat dunia arsitektur yang mencakup kota dan memeluk kita. Bangunan ini tidak memiliki sudut, tidak mengganggu transisi, tetapi segala sesuatu berkembang, sangat terinspirasi oleh alam.

 

8. CityLife Milano

milano_citylife_grattacieli1202928573_108e8ac256_b

Proyek Citylife ini terletak di jantung kota Milan, tepatnya di pusat daerah bersejarah fiera, di dalam sebuah taman seluas 160.000 meter persegi. Bangunan ini melibatkan sekelompok arsitek, yaitu zaha hadid, Arata Isozaki dan Daniel Libeskind. Citylife membawa model baru untuk bekerja dan liburan ke kota, daerah untuk dinikmati dengan berjalan kaki atau dengan sepeda, dengan lalu lintas beredar hanya di bawah tanah. Di Pusat proyek ini terdapat tiga menara perkantoran, yaitu (dari kanan) torre Isozaki (202m, 50 lantai), torre hadid (170m, 44 lantai), dan torre Libeskind (150m, 30 lantai). Proyek ini memiliki fungsi sebuah museum seni kontemporer, area perbelanjaan dengan bar dan restoran, dan paviliun untuk pameran, olahraga, hiburan dan fashion.

 

9. Dragonfly

nyc_dragonfly_inside vincent_callebaut_dragonfly1

Arsitek Vincent Callebaut yang merancang “Dragonfly” pertanian vertikal untuk kota New York terdiri dari 132 lantai, dengan ketinggian kurang lebih 600m akan berisi tempat tinggal, kantor, ruang pertanian, dan bahkan daerah didedikasikan untuk tumbuh dan belajar baik menghasilkan dan ternak.

 

10. Singapore Pavilion Finalist

untitled-31z singapore_pav_designact01

The Singapore Pavilion didorng untuk menyajikan Singapura sebagai contoh kota yang sempurna dari sebuah kota yang menampung semua kemungkinan mengubah kehidupan semua orang yang datang. Tujuan utamanya adalah untuk menawarkan Singapura baik sebagai kota impian, maupun kota bervisi. Pavilion menunjukkan sisi dari kota yang terus didorong oleh perubahan progresif. Hal ini di bawah payung kuat kata trans-lingual yang juga mewakili semangat Singapura. Struktur fisik Pavilion Singapura menonjol dari sekitarnya dengan sedang dirancang untuk terlihat seperti awan, yang berhubungan erat dengan mimpi. Bangunan ini memiliki tiga tingkatan: basement, lantai dasar (Plaza), dan mezzanine dalam Pavilions yang mencerminkan awan mahkota. Ini akan berisi 8 ruang terpisah dari pengalaman, yang semuanya berkumpul untuk memungkinkan narasi Kisah Singapura menjadi hidup. PaviliunNYA terbuat dari awan digital yang selalu berubah, ada padang rumput, hujan, awan, dan lain-lain. Bangunan ini terdiri dari 3866 kubus ukuran modular dengan berbagai tingkat transparansi, paviliun yang strategis dan miring di dasar untuk memungkinkan pengunjung untuk mengalami ritual membuat impian mereka menjadi kenyataan.

Sumber :

http://thissavvyworld.tumblr.com/post/5188943832/the-world-of-structural-engineering-is-growing

http://designspiration.net/image/3502179880840/

http://www.designbuzz.com/amtek-office-building-brings-flow-of-energy-in-architecture/

http://www.turtok.com/spiralling-cobra-tower-in-kuwait/

http://architecturelinked.com/profiles/blogs/the-leaning-tower-of-abu-dhabi

http://www.bklarchitecture.com/mixed-use/greenland-zhengzhou-towers#

http://designorgan.org/Project/ITParks/DNAStrand.htm

http://www.archdaily.com/157669/greenland-zhengzhou-towers-brininstool-kerwin-lynch/

http://www.designboom.com/architecture/zaha-hadid-galaxy-soho-chaoyangmen-soho-now-under-construction/

http://a2-2a.blogspot.com/2009/08/architect-chaoyangmen-soho-iii-beijing.html

http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=391698

http://wordlesstech.com/2011/01/05/chaoyangmen-soho-iii-project-in-beijing-for-offices-and-residential-spaces/

http://www.worldarchitecturenews.com/index.php?fuseaction=wanappln.projectview&upload_id=21879

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s