ARCHITECT OF THE WEEK — COSMAS D. GOZALI

Kali ini, Himaartra Online akan mengenalkan kalian kepada salah satu arsitek muda Indonesia profesional yang sudah berpengalaman dan mendapatkan banyak penghargaan dalam sebagian besar karya-karyanya di  bidang arsitektur, Cosmas D. Gozali.

1Arch. Dipl. Ing., Cosmas Damianus Gozali, IAI adalah arsitek muda yang sudah malang melintang di dunia arsitektur selama belasan tahun. Karir nya sebagai arsitek dimulai setelah lulus dari Technische Universitats Wien, Wina, Austria pada tahun 1992. Arsitek berperawakan tegap ini sudah menghasilkan banyak karya yang membuatnya memenangkan berbagai penghargaan, diantaranya adalah Rumah Ganesha di Bali yang memenangkan IAI Award Winning Team pada tahun 2002, Rumah Origami (Bandung,2002) dan Rumah Opera (Jakarta, 2002) yang memenangkan ICI Award Winning Team. Pada tahun 2005, beliau membuka konsultan arsiteknya sendiri yang diberi nama Atelier Cosmas Gozali (ACG) yang bergerak dalam bidang arsitektur, interior, dan lansekap.

Konsep yang diusung oleh Cosmas adalah Promenade de Architektura yang diadaptasi dari konsep Le Corbusier tapi dibawakan dengan lebih modern. Ciri khas karya arsitektur Cosmas adalah banyak menggunakan warna putih dan terang benderang. Alasan beliau adalah karena beliau ingin memaksimalkan potensi cahaya matahari sebagai sumber cahaya gratis sebanyak-banyaknya di dalam ruangan.  “Saya banyak menyarankan penggunaan warna putih karena warna putih dapat meningkatkan efek terang”, kata arsitek yang sudah 19 tahun berkiprah ini. Selain itu, warna putih juga merupakan warna yang netral sehingga dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para pemilik rumah untuk dapat meletakkan pernak-pernik rumah tanpa takut tidak serasi dengan warna dinding. “Putih adalah warna netral. Saya tidak ingin memberi warna yang terlalu dominan, agar pemiliknya bisa berinteraksi dengan bangunannya. Mungkin ia punya lukisan, patung, kain batik, foto keluarga , dan apapun yang mau pemilik gantung. Dengan warna putih, ia akan mudah menempatkannya” ,tandasnya.

  2 3

Selain itu, proyeknya banyak mengaplikasikan interaksi dengan ruang luar, sehingga keharmonisan yin-yang antara ruang luar dan ruang dalam dapat tercapai secara seimbang. Maka beliau banyak mengaplikasikan bukaan-bukaan lebar ke arah luar. “Saya menginginkan agar ruang-ruang itu banyak berinteraksi dengan perasaan. Jadi, besarnya suatu ruangan bukan karena luasnya secara matematik, tetapi lebih kepada perasaan yang didapatkan. Perasaan enak itu yang harus didapatkan.” ,katanya.

   a b

Menurutnya, kemampuan berinteraksi dengan klien adalah sesuatu yang sangat penting untuk dimiliki oleh para arsitek. Biasanya beliau akan mengajak klien untuk diskusi dan sharing sehingga dapat diketahui karakteristik klien tersebut seperti apa. Selanjutnya, Cosmas akan memberikan masukan kepada klien tersebut, sehingga dapat membuka wawasan klien terhadap arsitektur, sehingga dapat membantu klien untuk mendapatkan hunian yang sesuai dengannya.“Kita harus mengetahui psikologi manusia, khususnya kebiasaan kehidupan orang. Itu yang kita coba berusaha penuhi. Bukan berarti kita 100% mengikuti kemauan klien. Kita mempunyai kewajiban untuk mengedukasi klien mengenai hal-hal baru yang kita anggap positif. Di sana klien belajar sesuatu yang baru, akhirnya ada adaptasi dan perubahan yang  membuat klien menjadi lebih nyaman”, jelasnya.

    c d

Bagi Cosmas, arsitek tentu memiliki ciri khas atau karakter yang cukup dominan, tetapi tugas seorang arsitek sebenarnya menciptakan untuk orang lain. Sehingga, harus cukup memberi ruang bagi pemilik, jangan sampai penghuni tidak bisa bergerak lagi dalam ruang yang ia miliki, karena sudah ditentukan/dipatenkan semuanya.

Sumber: http://buildingindonesia.biz/2011/03/21/arch-dipl-ing-cosmas-d-gozali-iai/ dengan perubahan seperlunya

More info: Soul of Space by Cosmas D. Gozali ; http://www.aryacipta.com

One thought on “ARCHITECT OF THE WEEK — COSMAS D. GOZALI

  1. Pingback: SHARE 4 | kresnamahadhipa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s