WISATA ARSITEKTUR (PART 3)

EXOTISM OF DUBAI

Kali ini, kita bakal ngajak temen-temen jalan-jalan jauh ke negeri Timur, tepatnya di Dubai. Udah pada tau kan kalau Dubai terkenal sebagai sentra bisnis dan surga belanja di daerah timur. Mungkin temen-temen juga udah pada tau bangunan-bangunan spektakular, seperti Burj Khalifa dan Burj-al-Arab. Tapi apa temen-temen tau tempat-tempat menarik lainnya selain dua bangunan di atas? Berikut diulas 5 tempat yang populer menjadi jujukan para wisatawan yang sedang berlibur di Dubai. Cekidot guys..J

1. JUMEIRAH BEACH DAN WILD WADI

Pantai Jumeirah adalah Pantai paling terkenal di Dubai. Pantai ini membentang sampai 7 Km, dibagi menjadi tujuh Pantai dan pantai masing-masing membentang panjang berkilometer. 2 Pantai menyatu di masing-masing Jumeirah Park, dan Wild Wadi.

 1

Site Plan Pantai Jumeirah

http://propertyportal.ae

2   3

Wild Wadi Waterpark Hotel

WILD WADI WATER PARK, JUMEIRAH BEACH

4

Wild Wadi adalah Water Park yang berlokasi di pantai Jumeirah. Pantai ini didedikasikan untuk taman bermain air, dan akan memberikan Anda menikmati waktu luang untuk bertamasya air. Terutama Anak-anak bisa menikmati banyak wahana di sini.

5 6

Suasana malam hari (kiri) ; Replika bangkai kapal (kanan)

7 8

Breakers Bay, kolam ombak (kiri) Jumeirah Sceirah, seluncuran tertinggi (kanan)

2. DUBAI MALL9

Bagaimana rasanya berada di sebuah mal yang luasnya 50 kali lapangan sepakbola? Teman-teman mungkin bisa tersesat dalam arti sesungguhnya karena bingung menentukan arah saat berada di pusat perbelanjaan yang sangat luas itu. Pengunjung bisa pula “tersesat” karena begitu takjub dengan hal-hal spektakuler yang dihadirkan mal raksasa itu. Di Mall ini terdapat akuarium terbesar di dunia, Dubai Ice Rink yang berstandar Olympiade, Candylicious, toko manisan terbesar di dunia, Dubai Fountain (air mancur terbesar dan tertinggi di dunia). Air mancur ini mampu menyemprotkan air sampai setinggi 275 meter atau setara dengan gedung bertingkat 50.

Mall ini menampung lebih dari 1200 toko. Tentunya, dengan banyak wahana atau fasilitas menarik yang tersedia di dalam membuat pengunjungnya betah berlama-lama berada di mall ini. Di samping mall ini ber-AC (cocok untuk refreshing pada cuaca yang panas di Dubai), Dubai Mall ini meraup semua segmen. Pengunjung tidak hanya bisa menemui butik-butik mewah seperti sebut saja Armani, Gucci, Fendi, LV dan sebagainya. Bagi konsumen yang tidak mampu membeli produk-produk mewah, ada banyak outlet fashion kelas medium yang sesuai dengan isi kantong golongan menengah. Sebut saja misalnya H&M, Mango, GAP dan Forever 21.

10 11Dubai Mall (kiri) ; Dancing fountain pada Dubai Mall (kanan)

                   12 Aquarium and underwater Zoo in the Dubai Mall, Dubai, United Arab Emirates

Dubai Mall Aquarium (kiri) ; Aquarium Tunnel (kanan)

            14 15

Dubai Ice Rink (kiri) ; Dancing Fountain (kanan)

16 17

Pandangan mata burung (kiri) ; Fasade Eksterior (kanan)

3. MUSEUM DUBAI

18  

Pergi ke Dubai tidak lengkap rasanya bila tidak pergi ke museum tertua yang berada di sana. Museum ini dibangun pada tahun 1787.  Bangunan dari museum ini seperti benteng dan dibangun sesuai dengan iklim gurun di Dubai. Selain itu, cara terbaik untuk memahami transformasi meteorik dari pemukiman gurun dengan megalopolis Arab ada di Museum Dubai. Beragam diorama unik, senjata, alat, kostum dalam sebuah benteng tua dan temuan arkeologi lainnya juga ada di sini.

19 20

Entrance Museum (gambar kiri) ; Denah Museum (gambar kanan)

 21 22

Replika rumah timur (kiri) ; dan barang-barang rumah tangga (kanan)

4. DUBAI MARINA

23

Dubai Marina merupakan sebuah distrik di jantung kota yang dikenal sebagai ‘New Dubai‘. Ini adalah salah satu model kota terbaik di dunia. Tahap pertama selesai dan selanjutnya adalah dalam pembangunan. Setelah selesai itu akan menjadi tempat yang paling maju di negara bagian dubai.

24 25

Pandangan mata burung Dubai Marina District

26 27 28

(Dari kiri-kanan) Al Fattan Tower ; Infinity Tower ; Ocean Heights

5. MALL OF THE EMIRATES

29
Mall of the Emirates adalah sebuah pusat perbelanjaan di Dubai yang merupakan mall terbesar kedua di Timur Tengah. Mall of The Emirates yang menempati lahan seluas 2.400.000 meter persegi ini berisi toko-toko dan mall. Seluruh kawasan mall ini membentuk total sekitar 6.500.000 meter persegi dan pada tanggal 1 September 2010, ekstensi baru ke mal akan terbuka, menambahkan lebih dari 40 toko mewah.

30 31

Master Plan Mall of the Emirates (gambar kiri) ; Entrance Mall (gambar kanan)

         32 33

Interior Lobby utama Mall of the Emirates

Dubai sangat identik dengan hal-hal yang serba mewah dan glamour. Kota ini penuh dengan pusat perbelanjaan untuk turis kaya, klub malam,  restoran yang mahal, serta hotel-hotel berbintang yang tarifnya selangit. Namun, anggapan bahwa Dubai adalah destinasi wisata yang mahal tidak sepenuhnya benar. Kota ini ternyata juga memberikan banyak pilihan untuk budget traveler.

Ada banyak cara supaya liburan ke Dubai bisa bersahabat dengan isi kantong budget traveler. Meskipun wisata gaya murah meriah, bukan berarti jalan-jalan ke Dubai menjadi tidak berkesan. Untuk merencanakan perjalanan hemat ke Dubai, simak beberapa tips berikut ini

1. Menggunakan Alat Transportasi Umum

Dubai memiliki sistem transportasi umum yang cukup baik. Sebagian besar obyek wisata terkenal bisa dijangkau menggunakan bus, metro dan waterbus. Kini juga ditawarkan tourist daypass yang harganya cukup murah. Kalau menggunakan tourist daypass ini, wisatawan bisa naik semua jenis angkutan umum tanpa batas dalam sehari.

2. Memilih Berbelanja di Tempat yang Murah

Bagi kebanyakan orang Indonesia, kegiatan liburan di luar negeri belum lengkap tanpa acara belanja. Sebagai salah satu destinasi wisata belanja dunia, Dubai juga memberikan banyak pilihan tempat belanja murah. Kota ini adalah tempat yang tepat untuk berbelanja produk elektronik, tekstil dan barang-barang kerajinan dari Timur Tengah dan India. Kawasan yang terkenal sebagai tempat belanja murah di Dubai antara lain Satwa, Karama, Deira dan Bur Dubai.

3. Akomodasi

Dubai memang bukan surga backpacker seperti Bangkok dan Penang yang penuh dengan hostel danguesthouse murah. Tapi ada cukup banyak budget hotel yang tarifnya tak jauh berbeda dengan hotel-hotel sekelas di kota-kota tujuan wisata lainnya seperti Singapura dan Hong Kong. Tarif menginap di Easy Hotel, sebuah budget hotel terkenal di Dubai mulai Rp 200 ribuan per malam. Bagi yang suka dengan penginapan dormitory ala backpacker, Dubai juga memiliki Dubai Youth Hostel yang lokasinya tak jauh dari Dubai International Airport

DAFTAR PUSTAKA

http://travel.kompas.com/read/2012/05/08/12513553/Tips.Liburan.Hemat.ke.Dubai

http://easybackpacking.blogspot.com/2011/09/tersesat-di-mal-terbesar-di-dunia.html

http://www.lintas.me/article/zonaingintahu.blogspot.com/wow-inilah-10-tempat-favorite-yang-harus-dikunjungi-turis-di-dubai/1

http://wolipop.detik.com/read/2012/12/27/103228/2127628/1140/tempat-belanja-favorit-yang-harus-dikunjungi-di-dubai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s