Singapore Trip – FuturARCH 2013

Hai, teman-teman! Kalian pada tau kan beberapa hari yang lalu, 40 orang teman kita sesama mahasiswa arsitek berangkat ke Singapore untuk studi ekskursi. Kita liat yuk gimana perjalanan mereka!😀

Pada hari pertama, tepatnya tanggal 15 Januari 2013, ketika kalian masih enak-enakan tidur, para peserta yang akan berangkat Studi Ekskursi udah berkumpul di airport Juanda pukul 4 pagi. Kita, para peserta, melakukan check-in dibantu oleh tour leader dan berangkat dengan flight pukul 06.05 WIB menggunakan pesawat China Airlines. Setibanya di sana, perjalanan pun dimulai.

Kegiatan yang pertama adalah mengunjungi National University of Singapore yang merupakan satu-satunya universitas di Singapore yang memiliki jurusan arsitektur. Kampusnya sangat besar, teman-teman! Bahkan dari gedung yang satu ke gedung lainnya, tersedia halte-halte bus yang siap mengantarkan mahasiswa-mahasiswa yang ada di sana. Pertama-tama, kita mengunjungi area tinggal mahasiswa di sana. Kita melihat beberapa toko, seperti supermarket, restoran Subway yang menjual fast food, dan Fish & co Express. Setelah itu, kita pun berangkat menuju ke gedung fakultas di mana jurusan arsitektur berada.

1 2

NUS: lapangan terbuka dekat gedung tinggal mahasiswa (kiri), tempat berkumpul dan belajar mahasiswa (kanan)

Jurusan Arsitektur NUS berada di bawah fakultas yang bernama School of Design and Environment (SDE) di mana hal ini sangat berbeda dengan apa yang kita temui di Universitas Kristen Petra di mana jurusan arsitekturnya berada di bawah fakultas teknik, bukan desain. Nah, coba kalian tebak. Kegiatan apa yang pertama kali kita lakukan setiba di gedung SDE? Tur keliling? Bukan! Kita makan siang dulu, teman-teman! :p Inti kunjungan kita di sana adalah untuk mencoba mengalami bagaimana rasanya menjadi mahasiswa arsitektur di sana. Setelah makan, kita bersama-sama berjalan menuju kelas untuk mengikuti “kuliah”. Di sana, kita pertama-tama disambut oleh perwakilan dari Department of Architecture di NUS. Kemudian, kita juga bertemu langsung dengan director dari program Master of Science, Integrated Sustainable Design, Dr. Nirmal Kishnani. Beliau memberikan sedikit lecture sehubungan dengan tema studi ekskursi kita, yaitu sustainability for future environment. Begitu banyak bekal dan wawasan yang beliau berikan kepada kita hari itu melalui materi yang diambil dari bukunya yang berjudul Greening Asia. For your information, beliau ini juga merupakan Editor-in-Chief dari majalah futurArc yang juga beredar di Surabaya.

3 4

5

SDE: gedung fakultas SDE (kiri), suasana kelas (tengah), Jian Honardy R. memberikan plakat kepada Dr. Nirmal Kishnani (kanan)

Setelah kurang lebih 45 menit mengikuti kelas, kita kemudian diantar oleh perwakilan jurusan untuk berkeliling melihat-lihat fasilitas yang dimiliki oleh jurusan arsitektur NUS. Ada beberapa studio, laboratorium berisi puluhan komputer (beberapa di antaranya adalah iMac!), yang istimewa adalah ruang-ruang workshop yang tersedia gratis untuk digunakan oleh mahasiswanya. Dijamin deh, kalian pasti betah kerja maupun lembur-lembur tugas nggak pake pulang karna di kamar mandinya pun, tersedia fasilitas shower! Kurang apa coba :p Oke, back to topic, tentang ruang workshopnya, di NUS ini tersedia ruang khusus mengecat, dan juga space untuk membuat model maket 1:1. Jadi, karya kalian dapat dibuat sesuai dengan ukuran aslinya di sana! Oya, mengenai maket, di NUS, maket 3d yang kecil-kecil itu bisa langsung di-print jika kita sudah mempunyai bentukan 3d-nya di software tertentu. Hasilnya pun persis seperti apa yang kita bikin. Banyak juga alat-alat workshop yang sangat berguna dan gak bisa dijelasin satu per satu. Nggak heran jika maket bikinan mereka rapi-rapi dan detail banget!

6 7 8

DA: maket model karya mahasiswa NUS (atas kiri), hasil printing 3D (atas kanan), foto bersama perwakilan jurusan arsitektur NUS dan Pak Samuel Hartono (bawah)

Seru banget kan kunjungan kita ke NUS! Dari sana, perjalanan kita belum berakhir. Well, masih jauh sih. :p Kita lanjut melakukan kunjungan di kantor arsitek Aedas. Di sana kita melihat karya-karya proyek yang digarap oleh kantor ini. Ternyata, selain di Singapore, mereka juga punya banyak proyek di berbagai negara, seperti Indonesia, Malaysia, Cina, Dubai, Abu Dhabi, dan lain-lain. Kalo kalian mau tau lebih banyak, coba kunjungi website mereka di: http://www.aedas.com.

Kunjungan yang berikutnya adalah menuju Marina Bay Sands, mall dan hotel yang ada kapal di atasnya itu lo temen-temen. Di sana, kita dipandu oleh Jason Wang untuk berkeliling dan dijelaskan banyak banget mengenai fakta-fakta menarik sehubungan dengan rancangan desain arsitektur MBS ini. Kita bahkan sempet naik ke atas untuk menikmati pemandangan gedung-gedung pencakar langit Singapore dan kawasan Marina Bay.

9 10

MBS: taman belakang MBS (kiri), foto bersama di lantai atas mall MBS (kanan)

Dari MBS, perjalanan kita lanjut ke hotel! Finally, kunjungan hari pertama sudah selesai. Setelah check-in, kita free-time!  Kita pun mencari makan malam di sekitar hotel kita yang berada di kawasan Bugis. Well, that’s all guys tentang perjalanan pertama kita di studi ekskursi futurArch!😀 to be continued…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s