Wisata Arsitektur (part 2)

5 Most Unique REsidences Around The World

Kali ini, kita bakal ngajak kalian jalan-jalan ke 5 Villa Terunik Di Dunia versi Himaarta Online. Sebagian besar alasan dibangunnya bangunan2 ini adalah karena tidak semua orang puas dengan bentuk tempat tinggal yang “sederhana” ataupun “seperti-pada umumnya”.  Maka dari itu, di bawah ini diulas lima villa dengan arsitektur terunik di dunia yang layak untuk dipelajari. Dare to be different?  Check this out first!

BUBBLE HOUSE – Tourettes-sur-Loup, France

1

Bubble House di Tourrettes-sur-Loup, Perancis, merupakan bangunan berusia 35 tahun yang telah masuk ke dalam daftar bangunan bersejarah di Perancis. Didesain oleh Antti Lovag, seorang arsitek Hungaria, untuk desainer terkenal Pierre Cardin, Bubble House merupakan bangunan yang organic dan futuristic, dengan banyak built-in furniture dan bukaan-bukaan oval. Desain ini ditujukan untuk mendapatkan pemandangan yang optimal dari Côte d’Azur dan laut Mediteranian.

2 3

Tampak eksterior villa yang kontras dengan bebatuan disekitarnya (kiri) Halaman belakang dengan kolam rengang dan air terjun mini (kanan)

4 5Suasana halaman belakang pada malam hari (kiri) Sisi lain area jacuzzi (kanan)

 6 7Interior ruang duduk (kiri) dan salah satu ruang tidur (kanan)

 8 9Interior salah satu sudut kamar (kiri) dan kamar mandi / rest room (kanan)

 10 11

Detail salah satu sudut koridor, tampak sculpture dengan pencahayaan alami dari atas (kiri) ; salah satu interior ruang tidur yang minimalis dengan dominasi unsur lengkung (kanan) 

12Interior Lounge dengan Bar yang menghadap ke arah laut

 13 14Kolam renang outdoor pada area rooftop (kiri) dan salah satu ruang santai (kanan)

 

HANG NGA VILLA – Dalat, Vietnam

15

(image via: Travel Blog) 

Terlihat seperti keluar dari buku dongeng anak-anak, bangunan berstruktur aneh di Dalat ini dibangun oleh putri dari orang kepercayaan Ho Chi Minh. Madam Hang Nga mendesain Hang Nga Villa, yang juga dikenal dengan sebutan “Crazy House”, untuk merefleksikan ketertarikannya pada seni dan arsitektur.  Terbuat dari beton, bangunan yang dulunya merupakan tempat tinggal ini sekarang difungsikan sebagai restaurant. Bagian interior bangunan dikatakan banyak orang jauh lebih aneh daripada penampilannya, dengan segala dekor menakjubkan.  Bangunan ini merupakan salah satu bangunan objek wisata terkenal di Vietnam. Hang Nga Villa memadukan arsitektur dan fantasi, dengan hasil yang unik dan menarik yang dapat menambah bukti kebebasan bereskpresi dalam segi arsitektur.

 16 17Tampak depan Hang Nga Villa (kiri) Entrance utama (kanan)

18 19 

Detail tangga sirkulasi yang penuh ornamen (kiri) ; interior salah satu ruangan dengan patung burung sebagai focal point di dalam ruang (kanan)

20 21  

Detail ornamen pohon pada kolom dan rail balkon (kiri) ; interior kamar tidur (kanan)

22

Gambar desain Hang Nga Villa (link gambar lain: http://www.flickr.com/photos/tylerkellen/5332765240/) 

23 24

Tampak eksterior Guest House (kiri) ; Desain jembatan yang bernuansa alam (kanan)

 2526

Detail tangga lain (kiri) Sisi lain Guest House (kanan)

27 28 Interior kamar tidur “Tiger Room” (kiri) Ruangan lain yang penuh ornamen (kanan)

 

ELIPHANTE & HIPPODOME – Cornville Arizona

29 30Entrance Eliphante House (kiri) Leda Livant (kanan)

This bizarre sculptural home is perhaps the best (and most extreme) example of Slow Design. Terletak di Cornville, Arizona, rumah ini  dibuat oleh seniman Michael Kahn dan istrinya, Leda Livant, dengan menggunakan bahan2 yang ditemukan dalam periode waktu 28 tahun.

Terbuat dari kayu-kayu dan bahan-bahan sisa pembangunan, “Hippodome” adalah kubah besar dimana Ms. Livant tinggal.  Pada bangunan tersebut tidak terdapat toilet (ada rumah mandi terpisah), dimana menunjukkan bahwa desain adalah variatif, dan tidak selalu mengutamakan efisiensi maupun kepraktisan. Bagian eksterior maupun interior merupakan perwujudan dari “free-form art” yang berevolusi berdasarkan perkembangan dari pendesain yang juga merupakan penghuni dari bangunan tersebut.

Informasi buat temen2, Eliphante Home juga menerima bantuan atau donasi dari siapapun berupa bahan-bahan material bangunan, maupun aneka sculpture yang dapat memperindah Eliphante Home.  Berminat? Check out the official Elephante Home at www.eliphante.org

 31 32Ms.Leda Levant menyusuri tangga di Eliphante House (kiri) ; Salah satu sudut interior (kanan)

33 34

Interior dapur (kiri) ; Detail kaca patri pada jendela (kanan)

 35 36

Salah satu sudut Ruang Musik (kiri) ; dan Ruang Hiburan (kanan)

37 38 

Salah satu sudut kamar mandi yang dipenuhi elemen-elemen natural bebatuan

     39 40 41Pintu-pintu Artistik (kiri, tengah) ; detail ornamen sculptural lain (kanan)

42 43 

Area kolam ikan (kiri) ;  Tempat pembakaran yang penuh ornamen (kanan)

VILLA RONDE, JEPANG

44

Villa Ronde merupakan bangunan yang terdiri dari museum pribadi, guest house, dan resort. Dibangun oleh arsitek Ciel Rogue di sebuah pantai Jepang, bangunan ini dapat dilihat sebagai sebuah ruang terbuka yang organic, dimana ruang-ruang dapat ditutup ataupun dihubungkan satu sama lain di sekitar patio. Bentuk denah lingkaran merupakan  bentuk terbaik untuk memaksimalkan potensi pemandangan sekitar, sekaligus untuk bertahan dalam angin kencang.

 45 46

Site Plan Villa Ronde(kiri) Denah Villa Lantai dasar (kanan)

Bangunan itu sendiri seakan-akan tumbuh dari bukit, dimana udara dapat bersirkulasi dengan baik di seluruh ruangan.  Desain ini dibangun dengan memikirkan rasio termal yang terbaik dengan fasad ganda untuk melindungi dari angina dan sinar matahari. Demikian juga dengan atap bangunan yang tertutup dengan roof garden, dengan tanah setebal 30 cm dan system irigasi . Ruang terbuka di tengah menjadi  ruang penghubung yang baik, dapat diakses dari seluruh ruang, dan memiliki kesinambungan visual.  Sekat-sekat ruang yang fleksibel memungkinkan terciptanya variasi ruang yang terbentuk di dalam bangunan.

47 48 Bangunan villa yang seakan-akan tampak tumbuh dari bukit (kiri) ; Tampak mata burung ruang terbuka hijau pada area rooftop (kanan)

 49 50

Roof garden dengan lapisan tanah setebal 30 cm untuk irigasi (kiri)

Suasana inner courtyard pada malam hari (kanan)

51 52Interior ruang duduk yang mebghadap ke arah pantai (kiri) dan ruang santai (kanan)

SYMBIOTIC VILLA-Taipei, Taiwan

53

Symbiotic Villa merupakan vila rancangan ZAHA HADID, yang terletak di sebelah utara  Taipei. Ciri khas desain dari Zaha Hadid yang berkarakter futuristik sudah terlihat dalam bentuk bangunan ini walaupun hanya sekilas. Salah satu ciri khas yang mencolok dari bangunan ini adalah bentuk struktur cone / kerucut yang tertanam di tanah. System kerucut ini memungkinkan terbentuknya ruang terbuka yang fleksibel dan memaksimalkan potensi view di sekitar bangunan.

 54 55Transformasi geometri bentuk Villa (gambar kiri) ; Perspektif eksterior Villa (gambar kanan)

56Perspektif mata burung Symbiotic Villa

Setiap kerucut membentuk ruang interior dan eksterior pada villa. Di puncak bangunan terdapat teras outdoor dan balkon-balkon. Kerucut berfungsi baik sebagai sarana sirkulasi dan juga penyangga struktur utama bangunan.

57Inti kerucut sebagai sirkulasi vertikal

58Interior villa berkonsep futuristis-minimalis dengan memainkan bentuk-bentuk geometri 

59Hubungan antara ruang luar-ruang dalam

Kesimpulan dari redaksi, bahwa arsitektur tidak hanya terbatas pada desain-desain yang rapi dan bersih, tetapi bangunan-bangunan dengan ornamen-ornamen unik dari berbagai sumber yang di-blek (dicampur) jadi satu (seperti Eliphante Villa) dan bentuk-bentuk yang meliuk-liuk tidak biasa (seperti Hang Nga Villa) juga bisa disebut sebagai  sebuah arsitektur. Temen-temen archies jangan takut untuk membuat desain yang ekstrim macam bangunan di atas, asalkan konsep kalian kuat dan tetep memperhatikan kenyamanan dan kelangsungan hidup penggunanya J. Buat temen-temen archies yang suka desain yang nyeleneh2, kita nantangin kalian buat bikin desain se-ekstrim ini di tugas merancang kalian. Berani? Hehehe.. Semoga terinspirasi dan selamat bereksperimen temen2!!😀

(diolah dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s