Landscape Design for Brockman Hall for Physics at Rice University The Office of James Burnett

Image

Landscape Architect       : The Office of James Burnett (OJB)
Location                               : Houston, Texas, USA
Architect                              : KieranTimberlake
Photographs                      : Hester + Hardaway

ImageBrockman Hall for Physics adalah sebuah fasilitas seluas 111.000 kaki persegi yang terdiri dri ruang-ruang kelas, laboratorium, lecture halls, dan kantor-kantor administrative untuk Departemen Fisika dan juga untuk ahli-ahli fisika dari Electrical and Computer Engineering Department diRice University, Houston, Texas. Didorong oleh keyakinan Universitas Rice bahwa saat-saat terpenting di kampus adalah saat-saat dimana terjadi diskusi informal dan debat diluar kelas, desain dari bangunan dan landscape dibuat untik menyediakan ruang-ruang yang mendorong terjadinya percakapan yang hidup dan menginspirasi.

Image

Ternaungi dari matahari oleh bangunan yang berada di atasnya, sebuah courtyard pada lantai dasar memiliki sebuah kolam, teras yang ditinggikan, serta sebuah plaza dengan furniture yang dapat dipindah-pindah. Terdapat pula “Courtyard of Science”, yang menghubungkan departemen ini dengan Brown Hall, yang didesain menjadi courtyard granit dengan furniture yang dapat dipindah-pindah sehingga menciptakan beberapa ruang social yang mendukung.

Image

Open space yang terbentuk mengikat enam bangunan di sekitarnya. Open space tersebut adalah heart dari kampus tersebut, yang dikenal sebagai Courtyard of Science. Pada bagian selatan bangunan berdiri di atas tanah dan memiliki denah berbentuk persegi panjang, yang memungkinkan ruang-ruang di dalamnya menerima cahaya matahari secara cukup sepanjang tahun. Di bagian utara courtyard bangunan “terangkat” satu level dari tanah, terhubung dengan bangunan di bagian selatan dengan jembatan pada lantai dua dan tiga. Di antara kedua bangunan tersebut  terbentuk ruang untuk landscape yang mengalir hingga courtyard, dimana landscape tersebut berdiri di atas 31.000 kaki persegi basement yang menjadi tempat dari laboratorium-laboratorium.

Image

Site itu sendiri berada di axis utama dari kampus. Hamman Hall, salah satu dari beberapa gedung utama di kampus tersebut, sekarang berdiri di atas sebuah platform, dimana terdapat tangga granit yang terhubung ke lapangan rumput di sisi timur dan barat.  Fasad yang simetris dari gedung Hamman menjadi latar belakang dari landscape Brockman, dan memberi kesan melingkupi yang kuat. Didesain pula setapak yang sejalan parallel dengan panjang bangunan, dimana jalan tersebut menghubungkan tiga open space yang awalnya terpisah.

Image

Ruang yang terbentuk di bawah bangunan sebelah utara (yang dinaikkan satu level dari tanah_ menjadi pusatd ari komposisi landscape. Terdapat perkerasan yang mengalir dari utara ke selatan, menghubungkan kedua bangunan. Terdapat pula court granit yang menyediakan tempat berkumpul pusat. Sebuah air mancur diletakkan asimetris denah, memberi efek menyejukkan dan juga permukaan yang reflektif untuk memberi permainan cahaya alami di langit-langit ruang (bagian bawah bangunan utara).

Di sebelah air mancur terdapat sebuah dek. Dek tersebut dinakkan satu kaki dari jalur setapak, untuk memberikan kesan khusus sebagai tempat berkumpul. Taman di sekitarnya ditanami Ophiopogon japonicus’Nana’ (Dwarf Mondo Grass), yang sedikit merefleksikan bangunan di atasnya dan menjadi petunjuk adanya laboratorium di bawah dari landscape tersebut.

Image

Open space di bawah bangunan selatan tersebut diframe  oleh “loggia”, yang terbentuk dari kolom-kolom beton, yang menjadi area ternaung untuk tempat berkumpul dan sirkulasi. Ruang terbuka ini berdiri di atas laboratorium-laboratorium yang kompleks di semi basement, dimana berdiri di atas plat beton setebal dua kaki dan terisolasi dari mekanisme bangunan-bangunan di atasnya. Secara keseluruhan, landscape ini didesain dengan permainan elemen-elemen bidang (yang terbentuk dari fasade bangunan), garis (kolom-kolom karena adanya bangunan yang terangkat), serta permainan permukaan-permukaan yang reflektif untuk menyediakan pantulan cahaya. Kombinasi dari desain tersebut diharapkan dapat membentuk tempat yang kondusif untuk pertemuan-pertemuan dan diskusi informal mahasiswa.

Text provided by The Office of James Burnett.

 Image

Referensi:

“Landscape Design for Brockman Hall for Physics at Rice University / The Office of James Burnett” 29 Oct 2011. ArchDaily. Accessed 06 Dec 2012. <http://www.archdaily.com/178657&gt;

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s