HIJAUKAN RUMAH DAN KEBIASAAN HIDUP ANDA.

Gerakan hijau yang dicanangkan oleh semua negara ternyata menuntut partisipasi nyata dari seluruh lapisan masyarakat. Partisipasi masyarakat tersebut ada yang bersifat investasi, ada juga yang bersifat terus menerus secara konsisten.
Sikap atau gerakan hijau yang bersifat investasi umumnya bersifat aspek fisik, aspek sarana, ataupun fasilitas jangka panjang baik dalam kegiatan sehari-hari maupun kegiatan yang tidak bersifat sehari-hari. Sebagai contoh adalah pengadaan rumah atau tempat kerja ramah lingkungan merupakan bersifat investasi, tetapi penggunaan dan efeknya berlangsung sepanjang masa.
Sebuah bangunan untuk hunian akan memengaruhi sifat hidup dan kebiasaan penghuninya, apalagi jika pembangunannya dimaksudkan untuk berperan serta bagi kehidupan yang ramah lingkungan. Namun, adakalanya hal tersebut tidak terwujud atau tidak berepngaruh positif bagi penghuninya karena adanya sikap atau kegiatan yang bertentangan dengan hidup ramah lingkungan. Oleh karena itu kedua bentuk partisipasi tersebut harus dilaksanakan sejalan dan saling mendukung.
Beberapa aspek ramah lingkungan yang dapat diterapkan pada hunian antara lain sebagai berikut.
1. Mengecilkan unukran rumah menjadi proporsional, tidak terlalu besar tetapi juga tidak terlalu kecil, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup secara nyaman dan sehat. Sementara itu sisa lahan yang masih tersedia dapat dijadikan sebagai halaman atau ruang terbuka hijau yang dapat ditanami pohon dan juga dapat menyerap air dan memberikan ‘napas’ untuk ruang-ruang di rumah. Secara global, pengecilan ukuran rumah akan ‘menahan’ ekspansi yang berlebihan atas lahan subur, daerah resapan air, wilayah hutan dan ruang terbuka hijau. Rumah susun dan apartemen juga merupakan solusi bagi permukiman perkotaan yang padat pennduduk.
2. Hijaukan atap beton, karena setiap kali sebuah rumah dibangun maka akan berkurang potensi lahan hijau, walaupun tidak setara dengan lahan yang terakai untuk bangunan. Penghijauan atap beton adalah salah satu cara untu mereduksi terambilnya lahan terbujka hijau.
3. Kondisikan rumah Anda dengan menggunakan pengudaraan dan pencahayaan alami, yaitu dengn sistem jendela, ventilasi dan kaca-kaca yang dapat menangkap cahaya dan memberikan kenyamanan maksimal secara alami. Apabila diperlukan alat, maka kipas angin atau exhaust fan yang hemat energi dapat digunakan sebelum memutuskan memakai AC Demikian pula dalam pemakaian lampu listrik, maka gunakanlah lampu hemat energi dan tempatkan lampu tersebut secara benar sehingga menjadi efektif dan efisien.
4. Maksimalkan penggunaan tenaga surya atau penggunaan kincir angin untuk memenuhi kebutuhan hidup. Memang hal ini belum populer dan masih terbatas pada peralatan impor, tetapi dalan beberapa tahun ke depan peralatan ini akan menjadi tren positif.
5. Berhentilah dalam penggunaan air, karena cadangan air bersih akan berkurang secara gradual. Gunakanlah air seperlunya dan buatlah sumur resapan (biopori) untuk mengembalikan air hujan atau air bekas pakai kembali ke dalam tanah. Apabila memiliki lahan yang cukup luas, maka pembuatan waste water treatment untuk mendaur ulang air bekas pakai dapat bermanfaat untuk tumbuhan.
  6. Gunakan produk yang dapat dipakai berulang-ulang seperti sendok garpu, peralatan makan dan peralatan memasak lainnya yang terbuat dari gelas, kaca atau metal, serbet, hansuk atau pakaian yang dapat dicuci dan dipakai kembali.
 7. Siapkan tempat untuk mmenampung sampah Anda, agar sampah tersebut dapat didaur ulang dan dijadikan pupuk atau ditukarkan dengan barang lain yang Anda butuhkan.
8. Tanamlah pohon besar terutama pohon bambu yang tidak memerlukan perawatan terlalu sulit tetapi dapat menyerap karbon secara baik.
Selain menyiapkan aspek fiik seperti hal di atas, diperlukan sikap dan kebiasaan hidup “hijau” yang sesuai antara lain sebagai berikut:
1. Membiasakan diri untuk hidup berkegiatan dengan suhu dan pencahayaan alami atau mengurangi ketergantungan terhadap AC dan lampu pijar yang boro energi.
2. Kurangi pemakaian plastik dan styrofoam, karena limbahnya nanti di alam bebas tidak mudah terurai. Apabila terpaksa, maka gunakan kembali barang/bungkus tersebut dan dipilah limbahnya sesuai dengan jenisnya sehingga dapat didaur ulang.
3. Kurangi penggunaan kertas dan tisu karena bahan tersebut terbuat dari kayu dan pohon besar yang lebih bermanfaat untum menyerap karbon, meskipun pohon tersebut adalah tanaman industri. Apabila terpaksa menggunakan kertas, makamaksimalkan pemakaiannya atau gunakanlah teknologi digital untuk menyimpan data, transfer data dan transaksi perbankan.
4. Kurangi mengonsumsi daging sapi/kambing karena ternak sapi membutuhkan lahan untuk pakannya tujuh kali lipat daripada ternak ikan atau ternak ayam.
5. Tambahkan keperluan Anda sehari-hari atau gunakan produk lokal sehingga mengurangi transportasi ke tempat pemakai/konsumen.
6. Gunakan kendaraan umum, bermobil bersama atau bersepeda kalau berjarak dekat. Menggunakan kereta api akan lebih ramah lingkungan . Untuk jarak lebik dari 600 km dapat menggunakan pesawat udara.
7. Gunakan kembali bangunan atau barang-barang  yang masih dapat berfungsi dengan baik.
8. Mengganti bahan bakar yang lebih ramah lingkyungan seperti biogas, baterai dan hiidrogen.
9. Pilihlah produk yang berlabel green seperti priduk hemat energi , produk hemat air, produk yang dapat didaur ulang, produk ramah lingkungan dan produk yang tidak beracun atau sertifikasi lainnya yanng menjamin bahan baku yang ramah lingkungan.
10. Jika anda telah dapat melaksanakan hal tersebut dan konsisten, ajaklah orang terdekat di sekitar Anda, keluarga Anda atau siapa pun yang mungkin dapat mengikuti jejak Anda.
Banyak hal lainnya yang masih mungkin kita lakukan sebagai bagian dari komunitas dunia yang berkompeten menjaga alam ini sehingga bumi kita tetap terasa nyaman untuk dihuni dan tetap lestari sampai generasi selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s