Walt Disney Concert Hall – Frank Gehry


 

Gambar Tampak Perspektif Walt Disney Concert Hall yang Memiliki Konsep Bentukan seperti Bunga Mawar

Arsitek             : Frank Owen Gehry

Lokasi              : Los Angeles, California

Fungsi             : Aula konser

Desain             : 1997
Dibangun         : 1999
Status              : selesai tahun 2003

Walt Disney Concert Hall merupakan salah satu bangunan Frank Owen Gehry yang menampilkan arsitektur Expressionist. Skema awalnya merupakan sebuah metamorfosis dari bunga mawar (bunga lokal) yang tumbuh subur di sekitar kota Los Angeles. Bangunan ini didirikan dari rangka baja sebagai struktur utama yang dilapisi oleh lembaran baja. Frank Gehry banyak bermain dengan kayu, besi, corrugated wall selain bentuknya yang sangat avant garde pada saat itu. Dia dijuluki sebagai “the wild man” di dunia perancangan Amerika Serikat.

Bentuk bunga mawar tersebut berasal dari kecintaan kliennya, yaitu Lilian Disney. Ia juga menghendaki sebuah Concert Hall yang terbaik sekaligus, yang nantinya akan menjadi sebuah “giant sculpture” ikon kota Los Angeles.

Gambar 2. Aksonometri


Gambar 3. Potongan utara

Terdapat 7 elemen yang membentuk komposis

Frank Gehry adalah arsitek yang menggabungkan antara seni dan arsitektur. Perkataannya yang diucapkan tahun 1995, “I think the blurring of the lines beetwen art and achitechture has got to happen“, dapat diketahui bahwa karya arsitekturnya berasal dari sebuah karya seni yang direaliasikan dalam permodelan dengan teknologi komputer. Frank memulai desainnya dengan sketsa-sketsa artistic.

 

Gambar 4. Sketsa-sketsa Frank Gehry

Di dalam proses perancangan, Gehry juga banyak membuat study model dari kertas. Dari sekian banyak proses pembuatan study model, ia mampu memadukan keperluan ruang yang standard dari sebuah concert hall (bentuk kotak-kotak)  dengan semangat rancangannya yang sangat dinamis. Dari perpaduan kedua hal tersebut, Gehry pun akhirnya dapat memadukan kecintaan Lillian Disney terhadap bunga dan taman.

 

Hasil realisasi dari sketsa artistik Gehry. Bentuk yang ekspersionis menggambarkan bunga mawar, serta  sesuai dengan fungsinya yang merupakan gedung konser Disney (musikàseni).

 Gambar 5 Prespektif         

 

Gambar 6. Layout Plan

Bangunan ini memiliki beberapa area, diantaranya adalah area penerima, area utama dengan 3 concert hall, dan area servis. Dapat dilihat perbedaan antara area konser dan servis, dimana bentuk denah area konser ekspresif (mengikuti bentuk massa), dan denah area servis berbentuk dasar segi empat.

Berdasarkan proses perancangan Gehry, tahap awal dimulai dengan sketsa tangan yang direalisasikan dalam permodelan komputer yang akhirnya dapat diukur dan dipetakan.

 

 

Gambar 7. Denah aula konser

Gambar Pembagian Zoning pada Aula Konser

 

Gambar Suasana Interior Aula Konser yang megah dan memiliki orientasi terpusat ke tengah. Langit-langit yang berbentuk seperti awan terbuat dari kayu dibentuk untuk mencapai keintiman akustik.


Gambar 8. Potongan memanjang

 

Berdasarkan fungsi dan tujuan bangunan didirikan, Gehry membedakan ketinggian plafon antar ruangan. Hal ini dikarenakan fungsinya sebagai gedung konser yang membutuhkan ruangan yang tinggi dan kesan megah, serta tujuannya sebagai ikon (Landmark) kota Los Angeles yang diharapkan menonjol dari site di sekitarnya. 

Namun pada massa samping, ketinggian ruangan hanya 1,5 – 3 kali ketinggian manusia, karena fungsinya sebagai area servis dan kantor. Bentuk massa pun merupakan bentuk dasar kubus. (fungsional – efektif dan efisien)

 

 Gambar 9 potongan area servis

Gambar 10.

Lorong antar massa membuat manusia merasa kecil. Bangunan dilihat dari mata manusia berkesan besar dan megah. Palfon tinggi mengecil di atas berkesan megah.(dari kiri ke kanan)

 

 

 

 

 

 

 

SUMBER

 

http://www.achievement.org/autodoc/page/geh0pro-1

http://albertcordero-arch1390.blogspot.com/2009/09/frank-gehry-case-study-walt-disney.html

http://www.architectureweek.com/2003/1217/design_1-2.html

http://buildingindonesia.biz/2010/12/22/disney-concert-hall-los-angeles/

http://www.arcspace.com/architects/gehry/disney2/

http://www.luxoscura.net/2011/04/walt-disney-concert-hall.html

 

 

                          Gambar Sketsa Perspektif Disney Concert Hall

 

 

ANALISA

 

Bangunan Disney Concert Hall ni bukanlah bangunan pertama kalinya yang dedesain oleh Frank o Gehry. Namun bangunan ini sekali lagi menjadi bukti bahwa model apapun atau ide apapun dapat di realisasikan dengan baik. Contoh konsep ‘bunga mawar’ yang sulit sekali bisa dinalar oleh manusia menjadi sebuah tempat tinggal, Frank O Gehry mampu membuktikannya. Konsep nya yang sangat berani membuat bangunan ini memiliki atau menjadi ikon tersendiri dan diingat banyak orang. Kreasi-kreasi seperti inilah yang dinantikan oleh arsitek-arsitek masa depan.

One thought on “Walt Disney Concert Hall – Frank Gehry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s