MONOLAB STRUCTURE

Rotterdam City Tower by Monolab Architecture

Proyek Rotterdam City Tower terdiri dari 4 bagian utama:

1. Menara

Bagian menara yang berada di atas air di pelabuhan Maas untuk meminimalisir angin dan efek bayangan sekaligus untuk menyiapkan proyek lain di atas area parkir. Fungsi dari menara ini berhubungan langsung dengan bagian grid sebagai alat transportasi vertikalnya. Bangunan ini merupakan sebuah sculpture yang terlihat berbeda dari berbagai sudut. Bangunan ini difungsikan sebagai apartemen, perkantoran dan tempat hiburan komersial seperti restauran, sport club, tempat rekreasi bahkan fasilitas olahraga ekstrim. Lantai yang terdapat apartemen dan kantor ditutupi oleh kaca Photovol yang terlihat hampir tidak transparan dari luar.
2. Grid (jalur vertikal yang terdapat jaringan gondola)

Jalan layang vertikal ini adalah sarana di mana jalur gondola berada, jalur ini membawa gondola bergerak naik turun maupun diagonal. Grid ini dapat menampung sekitar 200 gondola dan setiap gondola mampu membawa maksimal 12 penumpang. Sehingga menara ini dapat membawa 2400 penumpang pada saat yang bersamaan. Gondola ini telah direncanakan sedemikian rupa, sehingga dapat bergerak secara bersamaan tanpa bertubrukan satu sama lainnya, setiap gondola digerakkan oleh sel energi dan mesin listriknya masing – masing. Secara struktur, bagian grid dari bangunan ini distabilkan oleh rangka rangka baja yang berhubungan dengan bagian menara bangunan ini.


3. Boulevard (jembatan untuk pejalan kaki, memberi akses ke seluruh bagian proyek dari Rotterdam City Tower)

Boulevard untuk pejalan kaki ini adalah sebuah jembatan, berhubungan dengan Maashaven metro station. Bagian ini melintasi area parkir dan pelabuhan, memberi akses ke bagian Grid dan Menara. Bagian ini terbuat dari grid baja dan dilapisi kaca, seolah olah sebagai “bayangan” dari bagian Grid.

4. Area Parkir (sepanjang dermaga pelabuhan)
Lantainya terbuat dari beton, memiliki kapasitas maximal 1000 tempat parkir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s