Rumah Botol Ridwan Kamil

 
RUMAH??

BOTOL???

MASI BINGUNG??

CEKIDOT!!!!
Rumah botol karya arsitek Ridwan Kamil ini adalah peraih penghargaan Green Design Award 2009, mengalahkan 80 peserta dari beberapa negara. Dengan luas 373 meter persegi yang berlokasi di daerah Cigedung Selatan.
Rumah ini adalah rumah pribadi Ridwan Kamil, idenya muncul ketika melihat banyak botol bekas minuman berenergi yang banyak dibuang tanpa didaur ulang oleh produsennya, melihat warna coklatnya yang mirip kayu, Ridwan Kamil lalu terinspirasi untuk membuat rumah botol ini.
Botol disusun dan ditata seperti pola papan catur menyelimuti dinding utama bangunan yang menggunakan kaca bening (sebagai kulit kedua dari dinding). Sehingga hasilnya adalah bidang-bidang partisi transparan
Rumah ini terbuat dari 30.000 botol bekas minuman berenergi yang ia kumpulkan selama kurang lebih 2 tahun.
Keunikan Desain
Selain memakai material yang unik yaitu botol bekas (sebagai kulit kedua), rumah ini ternyata hemat energi antara lain karena sifat dari botol bekas ini yang dapat meneruskan cahaya sehingga tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari dan ruangan di dalamnya mendapat kesan yang bagus dari pencahayaan pada sore hari
 
Kolam renang yang terdapat di rumah ini berfungsi sebagai ruang terbuka yang akan menambah aliran udara ke dalam rumah sehingga menghemat penggunaan AC.

 
Komposisi ruangannya terbuka satu sama lain dengan kisi kisi dan dinding geser transparan (tidak ada sekat permanen) sehingga menjamin sirkulasi udara antar ruangan.
Dan hebatnya rumah pribadi Ridwan Kamil ini dibangun tanpa menggunakan gambar kerja. Rumah ini adalah salah satu alternatif penyelesaian masalah limbah yang indah dipandang dan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s