EVALUASI YANG BEDA semester 7…!!

Haii archiess..!!
kali ini, ARCHblog akan bahas mengenai evaluasi..!
mau tau kyk apa tmn2 seperjuangan kita di smt lain saat eval..?
mw tny2 ke angkatan atas, ya bisaa..
 YoYo & CiCi emoticon
minta masukan ato saran, ya okok sajaa…
 YoYo & CiCi emoticon
tinggal tulis komentar ajaa di blog..
 YoYo & CiCi emoticon
Langsung aja dahh….!!! 
  
 YoYo & CiCi emoticon
EVALUASI…?? 
MAKANAN APAAN NIH….!??
 YoYo & CiCi emoticon
EVALUASI ITU SEMACAM….
……
……
…….
…….
……
……
…….
……
…..
…….
YoYo CiCi emoticon
zzzz….zzz…zzzz
BANGOOOONNN……!!!!!!
 YoYo CiCi emoticon
(KAGET…!!)
AYO CEPAT JELASKAN BI..!!
 YoYo & CiCi emoticon
OKE… jd evaluasi itu kyk pengujian sama apa yang uda di buat selama studio berjalan
jadi rancangan yang ud dibuat, bakal di jelasi kepada para Bos masing2
Apa arti eval mnrt para Bos di beberapa smtr…?!
     Mr.Bos    Mrs.Bos
YoYo & CiCi emoticonYoYo & CiCi emoticon
“EVAL ITU BUAT TAU PERKEMBANGAN MAHASISWA”
“EVAL ITU JANGAN KALIAN JADIKAN BEBAN”
“EVAL ITU KITA JADIKAN RUTINITAS DI SELURUH STUDIO MERANCANG”
dll…
TAPIIIII……..yang namanya EVALUASI… ya tetep aja EVALUASI..
 YoYo & CiCi emoticon

Kali ni kita bakalan bahas eval punya arek-arek semester 7.. 

Eval semester 7 udah ga berasa kayak eval-eval di semester sebelumnya,

soalnya ketika eval suasananya berubah booo..

hmm.. jadi lebih nyantai,

sang tutor cuma nanya nanya biasa aja koK,

ga pake nyerang-nyerang kayak di semester sebelumnya..

jadi kesannya kayak asistensi sama tutor aja deh..

Mungkin kar’na pengaruh sama lokasi evalnya juga

yang cuma di studio doank jadinya hampir sama kayak hari biasa deh..

Ada juga beberapa asdos yang cuma liat produk akhirnya lhoo,

wahh.. enak yaaaa..

tapi ada juga lho asdos yang ngetes satu-satu anggota kelompokya

jadi agak sedikit tegang tapi ga juga sih

soalnya evalnya bareng-bareng temen

jadi sama temen satu kelompok saling bantu..

Sebenernya kan ada 3 asdos yang ngevalin,

tapi ada loo kelompok yang cuma dievalin sama satu asdos

soalnya 2 asdos lainnya sakit,

            Apa aja sih tugas yang dikasih buat Semester 7..?

kalian udah pada liat blom maket-maket gede yang keren-keren di selasar P6??

itu tugasnya arek-arek semester 7,

tentang urban arsitek, yaa semacam tata kota gitu..

jadi scopenya lumayan besar beda banget sama semester-semester sebelumya..

Apa sihh perbedaan semester 7 sama semester2 yg sblumnya..??

Ini dia yang bedain tugas semester 7 sama sebelumnya,

kalo semester-semester sebelumnya kan tugasnya

lebih penekanan sama simbolis, bentuk, dan fungsinya itu sederhana,

terus analisisnya juga kurang..

tapi, kalo semester 7 tuh lebih kompleks, lebih banyak analisis, juga ada pengaruh sosial,

dan skala bangunannya besar.

Tugasnya kali ini tuh berkelompok,
1 kelompok itu kurang lebih ada 10 orang anggotanya,
enaknya kelompoknya itu milih sendiri  jadi bisa milih temen-temen deket

yang enak buat diajak kerja..

tp inget ..

cari yg bisa kerja aja..

temen sih temen tapi kalo temen yg males..

ya kasian nilai kitakan..

Tapi meski satu kelompok isinya temen-temen deket semua,

tetep aja ada banyak cekcok atau beda pendapat dalam kelompok itu,

soalnya ada 10 kepala yang beda cara kerjanya,

cara berpikir sama pendapatnya dan susahnya lagi nih,

10 kepala itu harus kerjasama buat bikin sebuah desain..

Selain itu deadline nya mepet banget jadi tambah stres deh dalam kelompok..

Pas pemberian tugas, site nya udah ditentuin,

jadi yang pertama kali dibuat tuh analisis site,

jadi satu kelompok harus jalan – jalan ke site nya,

site nya kebetulan di lingkungan yang kumuh

jadi pas lagi analisis di sana,

orang orang yang tinggal di sana banyak yang pada ngeliatin

‘n senang lingkungannya dikunjungi,

eeehhh.. malah minta difoto-foto…

Dari proses awal ini aja udah ada banyak perbedaan pendapat..

            Tiap-tiap kelompok punya pembagian kerja yang beda-beda lho,

misalnya kelompok sutrisno (memang nama samaran),

dalam satu kelompok ada yang kerja maket,

ada juga yang kerja 3D tapi semuanya ikut ngedesain,

beda sama kelompoknya mbak nul (nama samaran juga),

yang pembagian tugasnya 6 org mikirin desain,

terus 4 orang yang bikin maketnya,

tapi pas tahap pembuatan maket tetep semua anggota bantuin buat maketnya..

Gimana ya proses perjuangan bikin maket plus tugas-tugas lainnya..?

Ternyata tiap kelompok beda-beda lho..

ada yang kerjanya udah nyicil dari awal trus akhirnya

gak usah sampe begadang dan stres-stres pas deket-deket pengumpulan,

tapi ada juga lho yang awalnya santai-santai, tapi mereka ngapain yaa..?

yaa otomatis gak kerja sama sekali malah begadang

gara-gara main dota semaleman tapi tugasnya dilupain..

Akibatnya sampe gak tidur, gak makan,

‘n juga gak mandi beberapa hari pas deket-deket pegumpulan..

bahkan pas H-1 ada yang semaleman cuma kerja pangkon

gara-gara salah ngukur pas buatnya,

jadi yang cowok-cowok pada sibuk ngurusin pangkon

padahal masih banyak yang belum selesai,

trus mreka baru nempel-nempel maketnya jam 7 padahal pengumpulannya jam 11..

Tapi syukur deh bisa tepat waktu selesainya (huff.. hufft.. )

tapi katanya sih tetep enjoy dan have fun justru begadang-begadang gitu serunya..

            Ada juga nih yang menarik…!

kalo kita liat di tiap maket ada foto anggota kelompoknya kannn,

Nah itu ada yang sampe bela-belain foto sampe ngulang-ngulang beberapa kali,

trus sampe ada yang diusir-usir sama penjaga rel kreta api,

bahkan sampe kehujanan tp tetep dibelain biar gak kalah eksis sama maketnya,

padahal pengumpulan udah deket,

yaaa mau gimana lagi kan harus tetep eksis.. ya gk..??

Buat ngerjain tugas semester kali ini,

tiap kelompok udah punya basecamp masing-masing,

biasanya sih kerjanya di salah satu rumah anggotanya,

tapi ada juga yang bela-belain sewa satu kamar kos yang dikosongin

disitu 10 orang kerja tugasnya deh,

ada yang buat maket, ada yang sibuk ngedesain di laptop,

plus nyampah-nyampah sama temen-temen,

kebayangkan gimana serunya…

Jadi basecamp itu jadi tempat nginep sekaligus jadi saksi bisu

kejadian dari unforgettable moment selama perjuangan mereka berlangsung..

Misalnya nih, ada yang kentut waktu kerja

trus digojlokin rame-rame sama temen-temen yang lain,

pasti gak bakal terlupakan buat mereka semua…

            Tiap kelompok punya titik berat desain yang beda-beda sesusai konsep yang mereka punya,

misalnya kelompok sutrisno tadi yang lebih menekankan pada susana ruang,

ruang dalam dan ruang luar yang tercipta..

Beda sama mbak nul yang menitik beratkan pada sirkulasi dan penzoningan dari konsepnya.

Tapi bukan berarti yang lainnya dilupakan lhoo,

arsitek kan tetep harus berpikir holistic gt lochh…

iy kann..???

            Hubungan antar kelompok tuh biasa aja, nggak ada merasa bersaing atau kompetitif..

Malahan antar kelompok saling kerja sama..

ya baguss lah…

misalnya nih, saling ngopi-ngopi siteplan ‘n letak bangunan-bangunan yang eksisting..

Paling antar kelompok itu saling tanya-tanya progress kelompok lain,

contohnya aja lewat BBM..

Soalnya udah sibuk sama tugasnya masing-masing sih…

Berkesan!!! berkesan!!! berkesan!!!

pokoknya tiap kelompok merasa semester 7 ni benar-benar

berkesan pol.. karena kerjasamanya, kebersamaan dan kekompakannya

terus terasah gara-gara tugas ini mereka tiap hari terus ketemu ‘n jadi tambah deket..

Bahkan setelah tugas ini selesai bawaanya jadi pengen terus ngumpul

soalnya sudah kebiasaan, jadi kalau nggak ngumpul rasanya ada yang kurang..

            Buat ngerayain selesainya tugas mereka,

tiap kelompok punya cara ngerayaain yang beda-beda,

ada yang makan-makan, jalan-jalan bahkan sampe sekarang..

Semangat terus buat anak-anak Semester 7,

tetep kompak ya!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s